Inilah Seharusnya Dilakukan Seorang Muslim Ketika Terjadi Gerhana

Terdapat banyak mitos-mitos yang tersebar dimasyarakat tentang gerhana dan sebaiknya kita tidak mempercayainya jika tidak memiliki dalil-dalil yang jelas sesuai syariat Islam karena dapat membawa kita kepada dosa besar yaitu dosa kesyirikan.

Inilah Seharusnya Dilakukan Seorang Muslim Ketika Terjadi Gerhana

Inilah Seharusnya Dilakukan Seorang Muslim Ketika Terjadi Gerhana

Islam juga membantah keyakinan-keyakinan kaum musyirikin arab yang berpendapat bahwa terjadinya gerhana karena adanya kematian dan kelahiran seseorang. namun apakah kita tahu tuntunan yang diajarkan Islam jika terjadi gerhana? Berikut penjelasannya.

1. Memperbanyak berdzikir, istigfar, bersedekah, dan amalan lainnya
Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo'alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah." (HR Bukhari)

Sahabat Abu Musa al-Asy'ari radhiallahu 'anhu mengatakan, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam  bersabda, "Tanda-tanda ini, yang Allah tampakkan, bukanlah terjadi karena kematian atau kelahiran seseorang. Namun dengannya Allah memberikan rasa takut kepada hamba-hamba-Nya. Maka apabila kalian melihat salah satu darinya, bersegeralah untuk berdzikir, berdoa kepada-Nya dan memohon ampunan-Nya." (HR. Al-Bukhori no. 1059)

2. Berdoa dan melaksanakan shalat berjamaah dimasjid
Dari Al Mughiroh bin Syu'bah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Matahari dan bulan adalah dua tanda diantara tanda-tanda kekuasaan Allah. Kedua gerhana tersebut tidak terjadi karena kematian atau lahirnya seseorang. Jika kalian melihat keduanya, berdo'alah pada Allah, lalu shalatlah hingga gerhana tersebut hilang (berakhir)." (HR. Bukhari no. 1060 dan Muslim no. 904)

Dari Aisyah radhiyallahu 'anha menuturkan bahwa pada zaman Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah terjadi gerhana matahari. "Beliau lalu mengutus seseorang untuk memanggil jama'ah dengan: 'ASH SHALATU JAMI'AH' (mari kita lakukan shalat berjama'ah). Orang-orang lantas berkumpul. Nabi lalu maju dan bertakbir. Beliau melakukan empat kali ruku' dan empat kali sujud dalam dua raka'at." (HR. Muslim no. 901)

3. Berkhutbah
Disunnahkah setelah shalat gerhana untuk berkhutbah, sebagaimana yang dipilih oleh Imam Asy Syafi'i, Ishaq, dan banyak sahabat. Hal ini berdasarkan hadits:

Dari Aisyah, beliau menuturkan bahwa gerhana matahari pernah terjadi pada masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Lantas beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bangkit dan mengimami manusia dan beliau memanjangkan berdiri. Kemuadian beliau ruku' dan memperpanjang ruku'nya. Kemudian beliau berdiri lagi dan memperpanjang berdiri tersebut namun lebih singkat dari berdiri yang sebelumnya. Kemudian beliau ruku' kembali dan memperpanjang ruku' tersebut namun lebih singkat dari ruku' yang sebelumnya. Kemudian beliau sujud dan memperpanjang sujud tersebut. Pada raka’at berikutnya, beliau mengerjakannya seperti raka’at pertama. Lantas beliau beranjak (usai mengerjakan shalat tadi), sedangkan matahari telah nampak. Setelah itu beliau berkhotbah di hadapan orang banyak, beliau memuji dan menyanjung Allah, kemudian bersabda, "Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo'alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah."

Nabi selanjutnya bersabda, "Wahai umat Muhammad, demi Allah, tidak ada seorang pun yang lebih cemburu daripada Allah karena ada seorang hamba baik laki-laki maupun perempuan yang berzina. Wahai Umat Muhammad, demi Allah, jika kalian mengetahui yang aku ketahui, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis." (HR. Bukhari, no. 1044)

Sudah tahu kan tuntunan saat terjadi gerhana semoga bermanfaat dan tidak percaya lagi dengan mitos-mitos tentang gerhana yang membawa kita kepada kesyirikan.Wallahua'lam
Kang Syafik Aku kopi pahit, yang belajar menatap dunia dengan senyumanMu.. Tuhan.

0 Response to "Inilah Seharusnya Dilakukan Seorang Muslim Ketika Terjadi Gerhana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel