Dimanakah Allah SWT Berada?

Santri majapahit - Allah SWT yang menciptakan kita, mewajibkan kita mengetahui dimana Dia, sehingga kita dapat menghadap kepadaNya dengan hati, doa dan shalat kita. Orang yang tidak mengetahui di mana Tuhannya, maka ia kan tersesat, tidak mengetahui ke mana ia menghadap kepada sesembahannya, dan tidak dapat melaksanakan ibadah (penghambaan) kepadaNya dengan sebenar-benarnya.

Dimanakah Allah SWT Berada?


Dalam Al-Qur'an dan hadits shahih menjelaskan bahwa Allah SWT berada diatas langit dan bersemayam diatas 'Arasy. berikut dalil-dalil yang menjelaskan hal itu.

Allah SWT berfirman,

"Allah Yang Maha Pemurah bersemayam di atas 'Arasy." (Thaha:5)
"Apakah Kamu merasa aman terhadap Dzan Yang di langit bahwa Dia akan menjungkirbalikkan bumi bersama kamu." (AL-Mulk-16)
"Mereka takut kepada Rabb mereka yang berada di atas mereka"(An-Nahl:50)
"Dam Dia-lah Allah (yang disembah) dilangit...."(Al-An'am:3)

Ibnu Katsir mengomentari ayat ini sebagai berikut,"Para ahli tafsir sependapat bahwa, kita tidak akan berkata seperti ucapan kamu Jahmiyah (golongan orang sesat) yang mengatakan Allah berada di setiap tempat. Mahasuci Allah dari ucapan mereka."

Adapun firman Allah SWT, "Dan Allah selalu bersamamu di mana saja kamu berada."(Al-Hadid:4) maksudnya, Dia bersama kita, mengetahui kita, mendengar dan melihat kita dimanapun kita berada. apa yang disebutkan sebelum dan sesudah ayat ini menjelaskan hal tersebut, seperti keterangan dalam Tafsir Ibnu Katsir.

Rasulullah SAW bersabda, "Sayangilah orang-orang yang ada dibumi, maka Dzat yang dilangit (Allah) akan menyayangimu."(HR.at-Tirmidzi)

Rasulullah SAW pernah bertanya kepada seorang budak wanita, "Di mana Allah?' Dia menjawab, "Di Langit", Rasulullah SAW bertanya lagi, "Siapa saya?", Dijawab lagi,"Anda Rasulullah.", lalu Rasulullah SAW bersabda, "Merdekakanlah dia karena dia seorang Mukminah." (HR. Muslim)

Dalam riwayat lain Rasululah SAW bersabda, "Arasy itu berada diatas air dan Allah berada di atas 'Arasy, Allah mengetahui keadaan kamu." (HR. Abu Dawud)

Para Imam empat (Abu Hanifah, Imam Malik, asy-Syafi'i, dan Ahmad bin Hanbal) telah sepakat bahwa Allah berada di atas 'Arasy, tidak ada seorang pun dari makhluk yang serupa denganNya. 

Wallahu a'lam

Sumber:
Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu, "Bimbingan Islam Untuk Pribadi dan Masyarakat", Darul Haq, Jakarta, 2014
Kang Syafik Aku kopi pahit, yang belajar menatap dunia dengan senyumanMu.. Tuhan.

0 Response to "Dimanakah Allah SWT Berada?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel