Kisah Islami | kisah Nabi Ibrahimm a.s dan Nabi Ismail a.s mendirikan ka'bah (Baitullah)

Kisah nabi Ibrahim dan nabi Ismail mendirikan ka'bah/baitullah untuk dijadikan arah qiblat ketika umat muslim melaksanakan sholat.
Kisah Islami | kisah Nabi Ibrahimm a.s dan Nabi Ismail a.s  mendirikan ka'bah (Baitullah)

Kisah Islami | kisah Nabi Ibrahimm a.s dan Nabi Ismail a.s  mendirikan ka'bah (Baitullah)- kita umat muslim mengatahui mekkah adalah kiblat diwaktu sholat. Namun, sudahkah anda mengetahui siapa yang mendirikan ka'bah ?

Jika, anda belum mengetahui atau bahkan sudah mengetahui namun tidak mengetahui kisahnya ! jangan khawatir, pada kesempatan kali ini santri online menyajikan sebuah kisah singkat namun jelas mengenai pembangunan ka'bah yang selama ini kita jadikan sebagai arah kiblat kita ketika sholat.

Kisah Islami | kisah Nabi Ibrahimm a.s dan Nabi Ismail a.s  mendirikan ka'bah (Baitullah)

Nabi Ibrohim as. beserta isterinya yang pertama (Siti Sarah) bertempat tinggal di Palestina. Sedangkan isteri mudanya ( Siti Harah) bersama dengan puteranya (Ismail) bertempat tinggal di Mekkah, oleh karena itu Nabi Ibrohim berulangkali pergi ke mekkah.

Suatu seketika, disaat Nabi Ismail telah beranjak dewasa. Nabi Ibrohim as mengajaknya untuk mendirikan baitullah (ka'bah) dengan perintah dari Allah swt. sebagai suatu tempat untuk menghadap semua kaum muslimin diwaktu sholat.

Sesudah Nabi Ibrohim as dan Nabi Ismail as mendirikan Ka'bah maka semua pengikut agama Allah swt. sudah memiliki pegangan dan qiblat yang berupa Ka'bah di Mekkah. Sesudah itu maka Nabi Ibrohim as mendapatkan perintah dari Allah swt agar supaya memanggil serta mengajak melaksanakan haji, baik umat yang dekat maupun yang jauh dari Ka'bah, agar mereka mengunjungi Ka'bah (berhaji).

Perintah berhaji tersebut dijelaskan dalam firman Allah dalam surat Al-Hajj ayat 27, yang artinya :
"Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji. Mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki dan mengendarai unta yang kurus, yang datang dari segenap penjuru yang jauh."

Setelah semua pembangunan selesai Nabi Ibrohim kembali ke Syam.

Demikianlah kisah singkat sejarah awal mula berdirinya Ka'bah dan umat muslim diperintahkan untuk berhaji. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Kang Syafik Aku kopi pahit, yang belajar menatap dunia dengan senyumanMu.. Tuhan.

0 Response to "Kisah Islami | kisah Nabi Ibrahimm a.s dan Nabi Ismail a.s mendirikan ka'bah (Baitullah)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel