Kesitimewaan Kopi Excelsa Dibandingkan Kopi Lainnya

Mungkin orang awam tidak asing dengan jenis kopi arabica atau robusta. Tapi tahukah kalian ternyata ada tiga jenis kopi yakni arabica, robusta, dan excelsa.

Namun disaat melihat biji kopi jenis arabica dan robusta, terlihat biji kopi yang ukurannya lebih kecil dibanding keduanya.

Itulah biji kopi excelsa. Muhamad Hasyim menjelaskan, ada banyak jenis varietas kopi yang dihasilkan oleh para petani kopi.
Kesitimewaan Kopi Excelsa Dibandingkan Kopi Lainnya

Kesitimewaan Kopi Excelsa


Selain robusta dan arabika, salah satu varietas yang populer adalah varietas excelsa yang mempunyai citarasa yang seksi, unik, dan khas.

Rasa kopi ini, selain unik, juga tidak meninggalkan rasa gurih.

Harmoni rasa yang mungkin sulit didapatkan dari kopi jenis lain, apalagi kopi "pabrikan".

Harga kopi ini relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan kopi robusta ataupun arabika

Kesitimewaan Kopi Excelsa Dibandingkan Kopi Lainnya


"Bisa dimaklumi, karena jumlah tanaman yang tergolong langka," jelasnya.

Kelebihan kopi excelsa mempunyai daya adaptasi terhadap iklim ataupun perubahan cuaca ekstrim yang baik, dan lebih tahan terhadap berbagai serangan hama serta penyakit.

Ciri khas kopi ini antara lain memiliki cabang utama yang bisa bertahan lama, dan seringkali berbunga pada batang yang telah menua atau batang pokok.

Kopi excelsa juga mempunyai citarasa dan aroma yang dikategorikan kuat dan dominan pahit.

Untuk bisa menghasilkan citarasa kopi excelsa yang istimewa, selain proses produksi dan pengolahan yang baik, proses penyeduhan tak kalah penting.

"Kopi ini harus diseduh dengan air mendidih langsung, bukan yang telah tersimpan ditermos. Setelah diseduh dan diaduk, bisa juga cangkir atau gelas ditutup 1-2 menit. Dengan cara ini, maka kopi akan benar-benar matang. Jika kopi ini diseduh dengan air yang tidak mendidih, biasanya rasa yang dihasilkan kurang optimal,"

Jual Kopi Excelsa Wonosalam Murni

Bagi Anda yang penasaran dengan rasa kopi excelsa murni, saya menjuak Kopi excelsa murni dari daerah dataran tinggi Wonosalam dengan harga yang murah dan tentunya berkualitas tinggi dengan olahan murninya.

Anda dapat mengunjungi toko online kami di Marketplace atau lansung menghubungi saya melalui WhatsApp dilink berikut ini.




Kang Syafik Aku kopi pahit, yang belajar menatap dunia dengan senyumanMu.. Tuhan.

0 Response to "Kesitimewaan Kopi Excelsa Dibandingkan Kopi Lainnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel