Inilah Balasan Bagi Orang Yang Senangtiasa Sabar Dan Ikhlas

Inilah Balasan Bagi Orang Yang Senangtiasa Sabar Dan Ikhlas - Pada umumnya kita semua bisa lebih sabar, disaat kita di uji Allah dengan hal yang menyenangkan, tapi saat kita di uji Allah dengan ujian yang tidak menyenangkan, seperti ujian kesulitan, ujian kehilangan dan atau musibah maka kebanyakan dari kita, akan merasa begitu sulit menerimanya dan sulit untuk bisa sabar.

Inilah Balasan Bagi Orang Yang Senangtiasa Sabar Dan Ikhlas

Rasulullah saw bersabda: "Sesungguhnya pahala yang besar itu, bersama dengan cobaan yang besar pula. Dan apabila Allah mencintai suatu kaum maka Allah akan menimpakan musibah kepada mereka.Barangsiapa yang ridha maka Allah akan ridha kepadanya. Dan barangsiapa yang murka, maka murka pula yang akan didapatkannya." (HR. Tirmidzi, dihasankan al-Albani dalam as-Shahihah [146]).

Inilah Balasan Bagi Orang Yang Senangtiasa Sabar Dan Ikhlas


"Tiada henti-hentinya cobaan akan menimpa orang mukmin dan mukminat, baik mengenai dirinya, anaknya, atau hartanya sehingga ia kelak menghadap Allah SWT dalam keadan telah bersih dari dosa" (HR. Tirmidzi).

Dari hadits diatas jelas jika kita ditimpa musibah itu karena Allah SWT mencintai kita sebagai orang muslim. Dia ingin meningkatkan kualitas kita sebagai manusia dan mengugurkan dosa-dosa kita sehingga bersih nantinya dan terhindar dari azab neraka maka dengan hal tersebut sebaiknya kita bersabar.

وَلَنَبۡلُوَنَّكُم بِشَىۡءٍ۬ مِّنَ ٱلۡخَوۡفِ وَٱلۡجُوعِ وَنَقۡصٍ۬ مِّنَ ٱلۡأَمۡوَٲلِ وَٱلۡأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٲتِ‌ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّـٰبِرِينَ (١٥٥) ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَـٰبَتۡهُم مُّصِيبَةٌ۬ قَالُوٓاْ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيۡهِ رَٲجِعُونَ (١٥٦) أُوْلَـٰٓٮِٕكَ عَلَيۡہِمۡ صَلَوَٲتٌ۬ مِّن رَّبِّهِمۡ وَرَحۡمَةٌ۬‌ۖ وَأُوْلَـٰٓٮِٕكَ هُمُ ٱلۡمُهۡتَدُونَ (١٥٧)

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun. Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS. Al-Baqarah [2] : 155-157).

إِنَّمَا يُوَفَّى ٱلصَّـٰبِرُونَ أَجۡرَهُم بِغَيۡرِ حِسَابٍ۬

"Sesungguhnya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan ganjaran/pahala  mereka tanpa batas." (Az Zumar: 10)

Dari dua Firman Allah diatas disaat kita bersabar sudah jelas kita akan mendapatkan keberkahan sempurna dan rahmat dari Allah SWT serta diberikan paha tanpa batas. Maka hendaknya kita terus belajar tentang bersabar yang banyak orang katakan bahwa pelajaran bersabar itu adalah pelajaran seumur hidup bergitu pun prakteknya dan itu adalah pemberian yang paling baik.

Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seseorang mendapatkan pemberian yang lebih baik dan lebih lapang daripada kesabaran." (HR. Bukhari dan Muslim).

Wallahua'lam
Kang Syafik Aku kopi pahit, yang belajar menatap dunia dengan senyumanMu.. Tuhan.

0 Response to "Inilah Balasan Bagi Orang Yang Senangtiasa Sabar Dan Ikhlas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel